Tips Mengganti Ban dan Ukuran yang Aman

Mengganti Ban Harus Diperhitungkan
Mengganti Ban Harus Diperhitungkan
Cara Membaca Ukuran Ban

Tips mobil - Ban merupakan peranti penting dalam sebuah kendaraan karena menjadi komponen yang bersentuhan
langsung dengan jalan. Memilih ban tentu tidak bisa sembarangan lantaran berkaitan dengan masalah keselamatan, kenyamanan hingga efisiensi bahan bakar.

tips memilih ban yang tepat adalah pilih ban yang ukurannya sesuai dengan manual book mobil, biasanya tertera di bagian pintu mobil. Semua ketentuan tentang ban yang ada di manual book sudah melalui survey yang canggih.


Meskipun begitu, pemilik mobil masih bisa meningkatkan ukuran roda kendaraannya. Asalkan, peningkatan ukuran tersebut masih dalam batas wajar.

Yang harus diperhatikan ketika meningkatkan ukuran roda kendaraan adalah load index harus tetap mengacu pada rekomendasi pabrikan  mobil. Pada ban ada tulisan 185/65 R15 82H, arti 82 adalah load index. Load index merupakan sebuah indeks kemampuan ban menopang beban.

Tips mobil - Setiap  kita mau up grade yang harus diperhatikan tetap standar pabrikan mobil itu berapa. Contohnya dimensi ba  mobil A ukuran ring 14, enggak tiba-tiba langsung 18 inci. Minimal sama tingginya. Dengan ukuran 175/65-14, mau naikin ke ring 15 boleh, jadi 185 tapi aspek rasionya turun jadi 60, tingginya jadi sama. Itu gunanya nanti odometer enggak kacau, fuel consumption di situ ada, pengereman juga. Paling tidak  naik satu atau turun satu,

Setelah menentukan ukuran ban, pastikan fungsi ban sudah sesuai. Penggunaan ban untuk jalan biasa, jalan mulus, jalan agak kasar sampai jalan sangat buruk tentu membutuhkan ban yang berbeda., tentukan kembangan yang cocok. Contoh kalau jalan di highway kembangan halus,  kalau agak berbatu, pakai  ban yang berbeda. Yang paling jelas itu di mobil SUV, untuk jalan tol pakainya HL atau Highway Luxury.  Atau yang agak umum All Terrain (AT) jadi boleh di jalan mulus banget atau agak sedikit kasar. Ada juga yang MT atau Mud Terrain. Ada juga yang MT Extreme untuk adventure (offroad ekstrem).

Tips mobil - Kemudian  yang jadi acuan memilih ban adalah komponnya. Orang awam akan sulit melihat keadaan kompon sebuah ban.

Perhatikan  garansi yang diberikan produsen ban. Garansi itu bisa menjamin bahwa ban tidak cacat produksi, kalau kerusakan pabrik pasti diganti.Bridgestone garansinya 5 tahun sejak beli, bukan dari sejak serial number di buat.
Previous
Next Post »

3 komentar

Click here for komentar
Manakarra167
admin
5 October 2017 at 10:21 ×

tips yang sangat bermanfaat!!! makasih sudah membuat artikel ini dan semangat terus!!!

Reply
avatar
Angga Gilang
admin
5 October 2017 at 11:44 ×

Mantap mas biar aman saat perjalan jauh

Reply
avatar
Unknown
admin
8 October 2017 at 18:04 ×

bisa jadi referensi nih tips/triknya..

Reply
avatar
Thanks for your comment