Busi Biasa |
Pada Ujung Busi Harus Bersih
Fungsi busi adalah mengubah tegangan tinggi yang mengalir dari koil menuju antara elektroda pusat & bawah yang menghasilkan percikan api antara 2 elektroda tersebut dan membakar campuran bahan bakar serta udara yang terkompresi di ruang bahan bakar.Sangat vital buat mesin untuk s’part ini, dalam mobil apabila peran busi tidak baik akan pengapian kendaraan akan terganggu.
Konsep
ini sedikit mirip dengan cara kerja korek api. Busi juga harus dapat bertahan
di lingkungan kerja yang bersuhu dan bertekanan tinggi dengan beban kerja yang
berat serta korosif.
Ada beberapa macam kondisi busi. Karena proses pembakaran
yang terjadi atau penyebab lainnya, endapan kerak karbon atau kerak akan terkumpul
pada bagian ujung busi, sehingga tegangan hanya melewati kerak tersebut tanpa
menghasilkan percikan antara 2 elektroda.
Busi Iridium |
Untuk mengatasi agar tidak terjadi penumpukkan karbon dan mobil tetap sehat, kendaraan dapat dijalankan dengan kecepatan kurang lebih 80-90 km/jam
selama 10-15 menit, agar temperatur busi naik dan karbon atau kerak dapat
melakukan self-cleaning (pembersihan).
Pengecekan
kondisi busi sebaiknya setiap minimal 10.000 km atau 1 tahun sekali. Agar
penumpukkan karbon tersebut tidak terjadi sebaiknya busi diganti dengan
jenis Iridium, busi jenis ini sudah di aplikasikan teknologi Thermo Edge
Design.
ConversionConversion EmoticonEmoticon